Inilah 5 Kategori Produk Yang Terbukti Laris Di Jual di Marketplace

oleh -7,873 views
Produk Yang Terbukti Laris

Mencari produk yang terbukti laris memerlukan usaha exstra dan memerlukan beberapa usaha-usaha lainnya untuk bisa menang melawan kompetitor yang memiliki produk sejenis atau dalam satu kategori. Hal ini wajar karena anda pasti ingin mendapatkan keuntungan banyak. Ini juga berlaku bagi anda yang berjualan di Shopee. 

Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk bisa menang melawan kompetitor, dengan melakukan Riset Market dan Kompetitor ini diharapkan anda akan mampu menganalisa pasar dan kompetitornya, sehingga anda akan dapat menyusun strategi yang diperlukan. 

Apa itu Target Market dan Kompetitor

Sebelum belajar jauh mengenai riset market dan kompetitor, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang target market dan kompetitor.

Pengertian dari target market adalah mereka yang kita bidik akan menjadi konsumen kita di marketplace. Dimana kita bisa cari mereka? Kebanyakan mereka berkumpul di kompetitor kita. Siapapun yang memfollow kompetitor kita, merekalah target market kita. Bisa juga konsumen yang pernah beli di toko kita. Jadi target market adalah sasaran yang perlu anda cari atau temukan agar anda dalam melakukan promosi, iklan, dan lain-lainnya akan sampai ke target market.

Sedangkan apa itu kompetitor? Kompetitor adalah mereka yang menjual produk sejenis atau kategori yang sama dengan jualan anda. Sehingga jika anda menjual baju muslim, maka yang menjadi kompetitor adalah mereka yang menjual baju muslim juga. Hal ini yang perlu anda pelajari sehingga pada pencarian baju muslim, para pengunjung lebih memilih toko anda dibanding kompetitor.

Menentukan Produk Yang Akan Anda Jual

Lepas dari apapun bisnis anda, jualan adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis. Dan tahukah Anda bahwa kebangkrutan suatu bisnis seringkali bukan karena buruknya produk yang dimiliki untuk dijual tetapi pelaku bisnis yang tidak bisa jualan.

Tapi bukan berarti anda bisa menyepelekan dan asal menentukan produk yang akan anda jual, karena untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam berjualan di marketplace anda diharapkan mampu menganalisa pasar apa saja yang sedang ramai dan ini sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan yang anda miliki. Oleh karena itu anda wajib mempelajari cara ini..

Adapun beberapa poin yang harus anda perhatikan dalam menentukan produk untuk memulai berjualan:

  1. Produk Yang Menjadi Solusi Bagi Kebanyakan Orang

Jual produk yang dibutuhkan banyak orang. Apa untungnya jualan produk atau jasa yang tidak diperlukan orang banyak. Meskipun teriak-teriak sampai mulut anda berbusa atau jualan sampai badan anda pegal pun percuma saja tidak ada yang akan beli karena produk atau jasa anda tidak dibutuhkan calon konsumen.

Jadi produk macam apa yang dibutuhkan konsumen? Dan bagaimana cara mengetahui produk tersebut dibutuhkan atau dicari banyak orang?

Untuk mengetahuinya anda dapat jalan-jalan dan berinteraksi dengan banyak orang untuk mencari tahu masalah apa  yang mereka hadapi dan menjadi peka terhadap lingkungan dan kebutuhan orang disekeliling anda. Anda dapat melakukan survei kecil untuk mengecek apakah produk yang anda tawarkan dapat menyelesaikan problem mereka.

  1. Produk Yang Sedang Tren

Konsumen Indonesia termasuk konsumen yang sangat gemar mencoba hal-hal baru. Karenanya jika ada satu produk yang sedang menjadi tren, maka yang lain juga akan berbondong-bondong mengikutinya.

Kamu bisa memilih produk yang sedang ngetren sebagai pilihan jualanmu. Karena naik turunnya tren yang tidak bisa ditentukan kapan awal dan akhirnya, maka kamu pun harus beradaptasi dengan cepat untuk memanfaatkan kesempatan yang sedang panas-panasnya.

  1. Produk Kebutuhan Umum

Sandang, pangan, dan papan, itulah kebutuhan primer manusia. Jika dijabarkan lebih panjang lagi, jualan produk berdasarkan 3 kebutuhan tersebut memiliki daftar yang tidak terhingga.

Memilih jualan produk yang terus menerus dibutuhkan bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, karena pasar yang selalu ramai. Sayangnya hal tersebut juga berarti persaingan yang ketat. Kamu pun harus pintar-pintar memposisikan jualanmu.

Mengambil contoh sandang sebagai kebutuhan primer, kini pakaian dengan model tren yang bisa berganti dalam waktu sangat singkat menjadi pilihan kegemaran bagi mereka yang ingin memulai bisnis online. Apalagi jika jualan produk yang dipilih ditargetkan ke anak muda perempuan, yang memang rentan membeli banyak pakaian untuk mengikuti tren.

Produk fashion masih mendominasi pasar e-commerce dimana penjualan produknya merupakan yang paling signifikan, diikuti dengan produk elektronik, ibu & bayi, dan kesehatan & kecantikan. Dari industri fashion sendiri, produk fashion muslim merupakan industri yang akan terus berkembang mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama muslim.

  1. Produk Yang Berkaitan Dengan Hobi

Berkebalikan dengan jualan produk berdasarkan kebutuhan umum, jualan produk berdasarkan hobi memiliki pasar persaingan yang tidak begitu ketat.

Selain itu, jika hobi yang kamu geluti sebagai bisnis kebetulan sama dengan hobimu, maka kamu punya satu keuntungan lain, yakni menguasai barang dagangan dengan mudah. Pasar hobbyist juga tergolong loyal, karena ketertarikan orang terhadap hobi tertentu tidak berubah-ubah seperti tren.

  1. Produk Unik

Menjadi satu-satunya penjual dengan suatu produk yang tidak dijual dimanapun memang mustahil. Apapun produk yang kamu jual, meskipun dasarnya sama dengan yang lain, kamu tetap harus bisa menemukan keunikan dan perbedaan yang dimiliki.

Entah itu terdapat dari posisi branding-mu, kemasan unik yang memudahkan konsumen, atau komitmen kamu dalam mengikuti gerakan sosial seperti beramal yang dihitung tiap produk yang terjual.

Melakukan Riset Pasar Untuk Mulai Berjualan

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan target pasar dan kompetitor dan anda juga sudah menentukan produk yang akan anda jual, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara untuk melakukan riset pasar. Riset pasar untuk bisnis online sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan yang anda miliki. Oleh karena itu anda wajib mempelajari cara ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *