13 Tips Menulis Artikel Yang Baik Dan Menghipnotis

oleh -5,305 views

8. Santai saja tidak usah buru-buru

Siapa sih yang tidak tau kalau buru-buru itu tidak baik. Dalam psikologi terburu-buru didasari perasaan atau emosi buruk, kalau yang Anda melakukan sesuatu didasari emosi buruk, percaya deh, hasilnya tidak akan bagus, tidak akan seperti yang Anda harapkan. Nah kalau sudah tidak seperti yang Anda harapkan, bagaimana Anda bisa puas !. Kalau Anda tidak puas, itu sama saja perbuatan yang sia-siakan!, nah kalau itu perbuatan yang sia-sia, berarti itu sama saja sudah membuang waktu Anda ! Kalau sudah membuang-buang waktu Anda, itu sama saja sudah membuang-buang uang Anda kan?.

Lah kok jadi panjang amat ya , amat aja gak panjang..

Santai aja sob! Belanda masih jauh, emangnya mau kemana sih sob ?

9. Masukan gambar dalam setiap tulisan atau artikel yang Anda buat

Seperti pada poin ke tujuh, yaitu bahwa satu gambar sama dengan 1000 kata-kata. Kebaradaan Satu gambar saja bisa mewakili seluruh isi dari artikel yang sudah Anda buat. Tanpa adanya gambar rasanya suatu artikel itu kurang gimana gituh . Oh ya didalam ilmu Psikologi, membaca tulisan itu berguna untuk merangsang otak kiri, tapi melihat gambar berguna untuk merangsang otak kanan. Nah yang perlu Anda tau, Dalam mempelajari sesuatu itu, Merangsang otak kanan justru lebih efektif daripada merangsang otak kiri!. agar tulisan Anda bisa diserap dan dipahami dengan cepat oleh pembaca, Anda juga harus bisa merangsang otak kanan sipembaca.

Yang penting Anda tau lagi adalah masukanlah gambar hidup kedalam tulisan Anda tersebut. Apa itu gambar hidup? Gambar hidup adalah seperti gambar orang, benda, tumbuhan, pohon, bintang, dan lain sebagainya. Kalau Anda bingung, sederhananya begini saja, jangan masukan gambar yang didalam gambar itu hanya terdapat sebuah tulisan saja.

Kenapa? Karena itu sama saja bukan gambar, itu sama saja tulisan, jadi percuma saja, ini tidak akan merangsang otak kanan si pembaca.

10. Buatlah judul dan deskripsi yang membuat penasaran si pembaca

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa betapa sangat pentingnya suatu judul dan deskripsi dalam suatu artikel, jadi berpikirlah setidaknya 3 kali atau beratus-ratus kali dalam menulis sebuah judul dan deskripsi atau paragraph pertama dalam artikel Anda tersebut. Keberhasilan blog sukses itu adalah dari pembuatan judul dan deskripsinya yang sangat efektif. Jadi Hal Ini harus benar-benar Anda perhatikan dan terapkan dalam menulis sebuah artikel. Buatlah Sipembaca merasa penasaran ketika membaca judul dan deskripsi dari artikel yang sudah Anda buat tersebut!

11. Masukan beberapa ungkapan dalam tulisan-tulisan Anda

ini tidak kalah pentingnya dari poin-poin sebelumnya yaitu dengan memasukan bebarapa ungkapan didalam tulisan Anda. Contoh ungkapan yang saya maksud sepertii ini → “Kalau pembaca sudah tersenyum-senyum sendiri persis seperti orang gila “.

Tujuan membuat ungkapan ini adalah agar sipembaca bisa menggambarkan didalam benak mereka, kemudian mengimajnasikannya. Hal Ini juga untuk merangsang otak kanan sipembaca juga.

12. Masukan sumber informasi dan bukti dari tulisan Anda

Adanya sebuah sumber informasi ini sangat penting untuk tingkat kepercayaan pada tulisan Anda. Adanya Sumber informasi ini akan meningkatkan rasa kepercayaan diri bagi sipembaca.

Contoh 1 : Michael Wyszomierski, seorang Project Manager di Google, mengatakan bahwa “Perbaiki atau Hapus artikel yang anda anggap memiliki kualitas yang rendah. Dengan dirilisnya Google Panda, Artikel/konten dengan kualitas rendah akan mengakibatkan efek buruk untuk rangking situs secara keseluruhan”.

contoh 2 : Bagi para blogger Saya sarankan Anda untuk “Perbaiki atau Hapus artikel yang anda anggap memiliki kualitas yang rendah. Dengan dirilisnya Google Panda, Artikel/konten dengan kualitas rendah akan mengakibatkan efek buruk untuk rangking situs secara keseluruhan”

Nah saya ingin bertanya kepada Anda, Melihat contoh diatas, Anda lebih percaya yang mana? Kata-kata pada Contoh nomer 1 Atau kata-kata pada Contoh nomer 2? Kata-kata dari seorang project manajer google, atau kata-kata orang bodoh ini!

Jika pembaca sudah merasa percaya dengan tulisan yang Anda buat, pembaca tentu akan merasa terpuaskan dengan tulisan Anda, rasa dahaga pembaca bisa terobati. Tapi sebaliknya jika pembaca sudah tidak percaya dengan tulisan yang Anda buat, pembaca akan pergi begitu saja meninggalkan Anda tanpa mengucapkan kata “terima kasih” kepada Anda.


Selain sumber, Anda juga perlu bukti. Anda tau sendiri, kalau semua Orang itu perlu bukti, bukan hanya omong besar. Jadi mana buktinya? Baru mereka percaya! Itulah sifat umum manusia kebanyakan. Saya sebenarnya benci dengan hal ini.

13. Jika sudah selesai menulis, Koreksilah lagi atau baca ulang lagi

poin terakhir ini adalah pekerjaan yang terlihat mudah, tapi paling malas dikerjakan? , padahal efeknya sangat besar ! Yah kebanyakan dari penulis-penulis blog termasuk saya, sangat malas sekali untuk mengkoreksi atau membaca ulang dari artikel yang sudah dibuat .

Poin ini tidak kalah pentingnya dari poin-poin sebelumnya, ya tentu saja agar tulisan bisa tampil sesempurna mungkin. Anda pasti taukan bahwa kadang-kadang pada tulisan pertama ada saja yang namanya salah pengetikan. poin ini juga agar Anda tau apakah artikel yang sudah Anda buat ini sudah pantas ditampilkan atau belum.

Tulisan adalah suatu seni komunikasi yang tidak kalah pentingnya dari ucapan atau suara-suara, bahkan kadang-kadang tulisan bisa lebih efektif dari ucapan, karena Anda tau sendirikan bahwa tulisan bisa diedit-edit ulang, sedangkan ucapan tidak. Jadi selama masih bisa diedit dan disempurnakan, ya toh tidak ada salahnya jika tulisan yang sudah Anda buat tersebut disempurnakan sesempurna mungkin!. Kan biar puas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *